TUJUAN PENDIDIKAN DALAM TINJAUAN HADITS TARBAWI
Revisi Makalah
Ini Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Tugas Ujian Akhir Semester Pada Mata
Kuliah Hadits Tarbawi.
Dosen Pengampu:
Dr. H. Maslani, M.Ag.
Nama:
Afaf Najihah
NIM:
218004002
PROGRAM
PASCASARJANA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
1440 H/2019 M
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirabbil’alamiin,
segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, atas karunia dan limpahan rahmat-Nya,
kita semua berada dalam hidayah dan lindungan-Nya. Shalawat serta salam, tetap
tercurah kepada pahlawan Islam utama yang telah membawa manusia dari kegelapan
menuju cahaya, habiibana wanabiyyana Rasulullah Muhammad Sallallahu
‘alaihi wa Sallam.
Dalam rangka
mempelajari mata kuliah Hadits Tarbawi, maka disusunlah sebuah makalah
yang berjudul Tujuan Pendidikan Islam Dalam Tinjauan Hadits Tarbawi,
sebagai sebuah media untuk memahami materi dan maksud pendidikan Islam, agar
pemakalah dan para mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam dapat lebih
memahami mengenai tujuan pendidikan Islam sebagaimana tersirat dan tersurat
dalam sunnah dan hadits Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi wa Sallam.
Penulis menyadari
bahwa dalam penyusunan makalah ini banyak keterbatasan, makalah ini masih
berupa penjelasan singkat yang bisa disajikan. Untuk itu, penulis memohon
kepada Dosen Pengampu juga seluruh pembaca, untuk berkenan memberikan saran dan
kritik yang membangun dalam rangka penyempurnaan dan perbaikan pada karya tulis
mendatang.
Semoga makalah ini
bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca sekalian, dan
dicatat sebagai amal saleh penulis oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Bandung, 30 Desember 2018
Penulis
I
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
|
……..…………………………………………………………………..i
|
||||||||||
Daftar Isi
|
……………………………………………………………………….
ii
|
||||||||||
BAB I Pendahuluan
|
|||||||||||
A. Latar Belakang
|
...……………………………………………………………1
|
||||||||||
B. Rumusan Masalah
|
………………………………………………………….
1
|
||||||||||
C. Tujuan Penelitian
|
………………………………………………………..
2
|
||||||||||
BAB II PEMBAHASAN
|
|||||||||||
A. Hadits Yang Memuat Tujuan Pendidikan
|
…..……………………………..3
|
||||||||||
B. Ulum Al Hadits
|
……………………………………...……………………..4
|
||||||||||
C. Terjemah
|
……………………………………………...……………………9
|
||||||||||
D. Isi Pokok Hadits
|
………………………………………………………….10
|
||||||||||
E. Analisis Teoritis dan Praktis
|
………………………………………………11
|
||||||||||
BAB III Penutup dan Simpulan
|
…………………………………………………….
16
|
||||||||||
DAFTAR PUSTAKA
|
………………………………………………………………...17
|
||||||||||
ii
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Tujuan dalam pendidikan merupakan sebuah target yang harus dicapai
oleh peserta didik dengan bimbingan penuh para pendidik. Baik yang berupa
jangka pendek maupun jangka panjang, dalam Islam sendiri sesungguhnya tujuan
ini telah ditempuh oleh Rasulullah SAW dalam membina para sahabat di masa
kenabiannya.
Rasulullah SAW dalam kurun waktu kurang lebih 23 tahun telah
berhasil menghantarkan para sahabat dalam meraih tujuan dunya hasanah
dan akhirat hasanah, sepeninggal Rasulullah, para sahabat terbukti mampu
meraih kejayaan dunia tanpa harus terperdaya oleh harta, tahta maupun wanita,
tak sedikit dari mereka yang bahkan dijamin akan mendapatkan kebahagiaan kelak
di akhirat berupa surga, sebuah jaminan yang tak tanggung-tanggung, yang hanya
berhak didapatkan oleh mereka yang mampu menuntun dirinya untuk fokus pada
tujuan pendidikan yang selama itu mereka dapatkan dari Rasulullah.
B.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian penulis pada
makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
tujuan pendidikan dalam tinjauan hadits Rasulullah SAW?
2.
Bagaimana
kandungan teks tentang tujuan pendidikan yang terdapat dalam hadits-hadits
tersebut?
3.
Bagaimana
analisis hadits tentang tujuan pendidikan dalam tinjauan hadits Rasulullah saw?
C. Tujuan Penelitian
1.
Untuk
mengetahui tujuan pendidikan Islam dalam tinjauan hadits Rasulullah saw.
2.
Untuk
mengetahui kandungan teks tentang tujuan pendidikan yang terdapat dalam
hadits-hadits tersebut
3.
Untuk
mnegetahui analisis hadits tentang tujuan pendidikan Islam dalam tinjauan
hadits Rasulullah saw.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Beberapa Hadits Yang Memuat Tujuan Pendidikan Islam
1.
Agar
Tercapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat
Dalam
sebuah hadits riwayat Imam Bukhari, nomor hadits 5910.
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ عَبْدِ
الْعَزِيزِ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي
الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار.(رواه
البخاري)
2. Agar Mengabdikan Diri Kepada Allah
Dalam sebuah
hadits riwayat Imam Bukhari Nomor. 6938
حدثني إسحاق بن إبراهيم سمع يحيى بن
آدم حدثنا أبو الأحوص عن أبي إسحاق عن عمرو بن ميمون عن معاذ قال * كنت ردف النبي - عليه الصلاة والسلام - على حمار يقال له عفير
فقاليَامُعَاذُ ، أَتَدْرِيْ مَا حَقُّ اللهِ عَلَى
الْعِبَادِ ، وَمَا حَقُّ الْعِبَادِ عَلَى اللهِ ؟ قُلْتُ : اللهُ وَرَسُوْلُهُ
أَعْلَمُ ؛ قَالَ : حَقُّ اللهِ عَلَى الْعِبَادِ أَنْ يَعْبُدُوْهُ وَلَا
يُشْرِكُوْا بِهِ شَيْئًا ، وَحَقُّ الْعِبَادِ عَلَى اللهِ أَنْ لَا يُعَذِّبَ
مَنْ لَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا. قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللهِ ، أَفَلَا أُبَشِّرُ
النَّاسَ ؟ قَالَ : لَا تُبَشِّرْهُمْ فَيَتَّكِلُوْا.(رواه البخاري)
3. Agar Menjadi Pemimpin Yang Bertanggung Jawab
Dalam hadits Bukhari nomer hadits 844
حَدَّثَنَا
بِشْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَرْوَزِيُّ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ
أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنَا سَالِمُ بْنُ عَبْدِ
اللَّهِأَنَّ عَبْدَ اللَّهِ
بْنَ عُمَرَ يَقُول: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَقُولُ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ الْإِمَامُ رَاعٍ
وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ
عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ
عَنْ رَعِيَّتِهَا وَالْخَادِمُ رَاعٍ فِي مَالِ سَيِّدِهِ وَمَسْئُولٌ عَنْ
رَعِيَّتِهِ قَالَ وَحَسِبْتُ أَنْ قَدْ قَالَ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي مَالِ
أَبِيهِ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ
رَعِيَّتِهِ.(رواه البخاري)
B.
‘Ulum Al Hadits
1.
Hadits
Pertama
a.
Skema
sanad
b.
Kualitas
Rawi[1]
Nama
(tertulis)
|
Nama Asli
|
Lahir dan Wafat
|
Martabat
|
Maqamah
|
Thabaqat
|
Anas
|
أنس
بن مالك بن النضر بن ضمضم بن زيد بن حرام
|
?-93 H
|
صحابى
|
Basrah Iraq
|
1
|
Abdul Aziz
|
عبد العزيز
بن رفيع الأسدى
|
?-130 H
|
ثقة
|
Kuffah
|
4
الوسطى
من التابعين
|
Abdul Warits
|
عبد الوارث بن
سعيد بن ذكوان التميمى
|
?-180 H
|
ثقة
|
?
|
8
|
Musaddad
|
مسدد بن
مسرهد بن مسربل بن مستورد الأسدى
|
?-228 H
|
ثقة
حافظ
|
?
|
10
كبار الآخذين
عن تبع الأتباع
|
Bukhari
|
محمد
بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة الجعفى
|
194-256 H
|
الإمام
صاحب " الصحيح " و كان إماما حافظا حجة رأسا فى الفقه و الحديث ،
مجتهدا ، من أفراد العلم مع الدين و الورع و التأله
|
سمرقن
|
11
أوساط
الآخذين عن تبع الأتباع
|
c.
Asbabul
Wurud
Dalam sahih
Muslim, Anas berkata bahwa bila Nabi saw hendak berdoa meminta sesuatu, maka
beliau berdoa dengan doa ini. Nabi saw juga berdoa dengan doa ini ketika berada
di antara Yamani dan Hajar Aswad.
Nabi saw pun
pernah menjenguk orang yang kepayahan karena sakit, sehingga badan orang yang
sakit tersebut mirip seperti anak burung karena kurusnya, kemudian Nabi saw
bertanya kepada orang tersebut, “adakah kau berdoa meminta sesuatu kepada
Allah?” ia menjawab “ya, saya berdoa, ya Allah bila Engkau hendak menghukumku
di akhirat, maka segerakanlah hukuman itu di dunia”. Maka Nabi saw pun bersabda
“Engkau tidak akan kuasa menanggungnya. Mengapa engkau tidak berdoa …” lalu
beliau membaca doa di atas, lalu beliau mendoakannya dan Allahpun
menyembuhkannya (dalam riwayat lain, orang tersebutpun berdoa dengannya). (HR.
Muslim)
2.
Hadits
Kedua
a.
Skema
Sanad
b.
Kualitas
Rawi[2]
Nama (tertulis)
|
Nama Asli
|
Lahir dan Wafat
|
Martabat
|
Maqamah
|
Thabaqat
|
Mu’adz
|
معاذ
بن جبل بن عمرو بن أوس بن عائذ بن عدى بن كعب بن عمرو الأنصارى الخزرجى
|
?-18 H
|
صحابى
|
الشام
|
1
|
Amr bin
Maymun
|
عمرو
بن ميمون الأودى
|
?-74 H
|
ثقة
|
?
|
2
من
كبار التابعين
|
Abi Ishaq
|
عمرو
بن عبد الله بن عبيد أو على أو ابن أبى شعيرة ، الهمدانى ، أبو إسحاق السبيعى
|
?-129 H
|
ثقة
مكثر عابد ، اختلط بأخرة
|
الكوفة
|
3
من
الوسطى من التابعين
|
Abul Ahwas
|
عمار
بن رزيق ، الضبى و يقال التميمى
|
?-159 H
|
لا
بأس به
قال
لى أبو أحمد الزبيرى : لو اختلفت إليه لكفاك أهل الدنيا
|
?
|
8
من
الوسطى من أتباع التابعين
|
Yahya bin
Adam
|
يحيى
بن آدم بن سليمان القرشى الأموى
|
?-203 H
|
ثقة
حافظ فاضل
|
?
|
9
من
صغار أتباع التابعين
|
Ishaq bin
Ibrahim
|
إسحاق بن
إبراهيم بن مخلد بن إبراهيم بن مطر الحنظلى
|
?-166 H
|
ثقة
حافظ مجتهد
|
نيسابور
|
10
كبار الآخذين
عن تبع الأتباع ?
|
Bukhari
|
محمد
بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة الجعفى
|
194-256 H
|
الإمام
صاحب " الصحيح " و كان إماما حافظا حجة رأسا فى الفقه و الحديث ،
مجتهدا ، من أفراد العلم مع الدين و الورع و التأله
|
سمرقن
|
11
أوساط
الآخذين عن تبع الأتباع
|
c.
Asbabul
Wurud
Tidak ditemukan
asbabul wurud pada hadits tujuan pendidikan nomor. 2 tersebut.
3.
Hadits
Ketiga
a.
Skema
sanad
b.
Kualitas
perawi
Nama (tertulis)
|
Nama Asli
|
Lahir dan Wafat
|
Martabat
|
Maqamah
|
Thabaqat
|
Abdullah bin
Umar
|
Abdullah bin Umar bin al Khatab
|
610-693 M/73 H
|
Sahabat
|
Madinah
|
1
|
Salim bin
Abdullah
|
Salim bin Abdullah bin Ummar bin al Khatab
|
?-106 H
|
Shoduq dan ahli fiqih
|
Madinah
|
2
|
Muhammad bin
Muslim
|
Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah bin Syihab
|
?- 124 H
|
Ahli fikih/ mutqin
|
Madinah
|
2
|
Yunus
|
Yunus bin Yazid bin Abi An Najjad
|
?-124 H
|
Shoduq
|
Syam
|
Tabi’ut
tabiin kalangan tua
|
Abdullah
|
Abdullah bin al Mubarak bin Wadlih
|
118-181 H
|
tsiqqoh
|
Tabi’ut
tabiin kalangan pertengahan
|
|
Bi’syir
|
Bi’syir bin
Muhammad
|
150-224 H
|
Shoduq, tsiqoh
|
Baghdad
|
Tabi’in
kalangan tua
|
Laits
|
Laitz bin
Sa’ad bin Abdurrahman
|
93-175 H
|
Tsiqoh tsubut
|
||
Bukhari
|
Muhammad bin Ismail bin Al Mugiroh al Ja’fi (Kunyahnya Abu Hasan
al Bukhari)
|
194-256 H
|
Samarkand
Uzbekistan
|
c.
Asbabul
wurud
Tidak ditemukan
asbabul wurud berkaitan dengan pembahasan hadits nomor 3 tersebut.
C. Terjemah
1.
Hadits
Pertama: tentang tujuan pendidikan Islam adalah mencapai kebahagiaan di dunia
dan akhirat.
“Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada
kami Abdul Warits, dari Abdul Aziz dari Anas ia berkata: “Doa yang paling
sering dipanjatkan Rasulullah SAW adalah: Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah
wafil aakhirati hasanah waqinaa adzaabannaar. Wahai Rab kami, karuniakanlah
kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan hindarkanlah kami
dari siksa api neraka”. (HR. Bukhari, No. Hadits: 5910)
2.
Hadits
Kedua
“Hai Mu’adz, tahukah
kamu hak Allah atas hamba?”, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu,” Jawab
Mu’adz. Nabi bersabda lagi: “Yaitu agar mereka beribadah kepada-Nya dengan
tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apapun.” Tahukah engkau, apa hak
mereka atas Allah?” Tanya Nabi selanjutnya. “Allah dan Rasul-Nya yang lebih
tahu”. Jawab Mu’adz. Nabi Bersabda: “Yaitu agar Dia tidak menyiksa mereka”.
(HR Bukhari. No. 6938)
3.
Hadits
Ketiga
“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Setiap kalian adalah
pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang
dipimpinnya. Imam adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban atas
rakyatnya. Seorang suami adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban
atas keluarga yang dipimpinnya. Seorang istri adalah pemimpin dalam urusan
rumah tangga suaminya dan akan diminta pertanggungjawaban atas urusan rumah
tangganya tersebut. Seorang pembantu adalah pemimpin dalam harta tuannya, dan
akan diminta pertanggungjawaban atas tanggung jawab tersebut”. Aku menduga Ibnu
Umar menyebutkan: “Dan seorang laki-laki adalah pemimpin atas harta bapaknya,
dan akan diminta pertanggungjawaban atasnya. Setiap kalian adalah pemimpin dan
akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya”. (HR. Bukhari. Nomor Hadits: 844)
D. Isi Pokok
Hadits
1.
Hadits
tentang mencapai kebahagaiaan dunia dan akhirat
Hadits dari Anas bin Malik r.a. mengenai doa kebaikan dunia dan
akhirat adalah benar adanya. Merupakan sebuah doa yang paling sering
dipanjatkan oleh Nabi saw sebab doa tersebut mencakup seluruh kebutuhan seorang
mukmin yakni kebaikan dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Sampai
Anas bin Malik r.a. mengatakan, sungguh ini adalah doa yang agung, maka sudah
sepantasnya seorang mukmin memperbanyak doa tersebut.[3]
2.
Hadits
tentang hak Allah atas hamba-Nya
Menurut mayoritas para ulama, hadits ini mengandung tiga isyarat
yang harus diperhatikan bagi setiap muslim. Yakni pertama, tauhid adalah
hak Allah yang paling besar, oleh sebab itu konsekuensinya maka tauhid adalah
kewajiban seorang hamba yang paling besar baik secara rububiyah, uluhiyah,
mulkiyah maupun asma wasshifat oleh sebab itu hadits ini sangat
sekaligus bermunasabah dengan QS 51: 56 yang berisi perintah untuk beribadah. Kedua, larangan berbuat syirik. Hal ini merupakan
konsekuensi logis dari isyarat pertama, orang yang tertanam jiwa ketauhidan
dalam dirinya, maka akan serta-merta menjauhi syirik. Ketiga, balasan
bagi seorang ahli tauhid. Yakni mendapat kemanan baik di dunia maupun di
akhirat, terhindar dari adzab dan senantiasa dilingkupi keselamatan.[4]
3.
Hadits
tentang memiliki pribadi yang berjiwa pemimpin
Dalam beberapa hadits yang memiliki kemiripan matan mengenai hadits
kullukum ra’in ini, adalah berkaitan hal hukum dan kinerja seorang
pegawai (dalam hadits dikatakan sebagai budak) terhadap majikan atau atasannya.
Maka kata ra’in dalam hadits ini pada dasarnya berarti seorang
penggembala yang menjaga, memandu dan bertanggung jawab penuh terhadap hewan
gembalaannya agar tidak terdampak bahaya sebagaimana diamanahkan oleh si
pemilik hewan gembalaan tersebut. Maka hadits ini mengisyaratkan bahwa, setiap
pemimpin hendaknya membawa kemaslahatan terhadap yang dipimpinnya.[5]
E. Analisis
Teoritis dan Praktis
a. Arti Tujuan
Pendidikan Islam secara Teoritis
Dalam
kaidah ushuliyah dikatakan bahwa “al umur bi maqasidiha” bahwa
setiap tindakan harus berorientasi pada tujuan atau rencana yang telah
ditetapkan. Dengan demikian, tujuan pendidikan Islam harus berorientasi pada
hakikat pendidikan Islam dan segala aspeknya. Pertama, tujuan dan tugas
hidup manusia, manusia bukan hidup kebetulan dan sia-sia, ia membawa tujuan dan
tugas hidup tertentu (QS 51: 56), yakni untuk mengabdi kepada Allah. Kedua,
memperhatikan sifat dasar manusia yaitu sebagai makhluk yang mempunyai bakat,
minat, sifat, karakter dan kecenderungan kepada al hanif (rindu akan
kebenaran Tuhan). Ketiga, tuntutan masyarakat atau singkatnya adalah
kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan keempat, dimensi
keidupan ideal Islam yakni kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan dunia sebagai bekal hidup di
akhirat.[6]
Sementara
itu, pendapat sejalan juga dikemukakan Hasan Langgulung, (1989). Menurutnya,
tujuan pendidikan Islam tertinggi tiada lain adalah hanya untuk berbakti kepada
Allah SWT sebagaimana tercantum dalam QS AL Mujadilah ayat 56, dimana kata
berbakti tidak hanya berada pada tataran ritual religious saja melainkan
mencakup seluruh aspek kegiatan iman, perasaan dan karya manusia.
Selanjutnya, karena tujuan tertinggi
ini masih bersifat filosofis, maka perlu untuk diejawantahkan menjadi tujuan
umum yang bersifat lebih empiric dan praktis, seperti adanya perubahan pola
hidup pada peserta didik ke arah yang lebih baik, baik secara kognitif,
afektif, maupun psikomotor. Dengan demikian, Tujuan umum merupakan turunan dari
tujuan tertinggi, bersifat lebih praktis dan riil untuk diraih oleh para
peserta didik.
Adapun turunan dari tujuan umum,
maka akan dijumpai tujuan khusus, yaitu tujuan yang menjelaskan perubahan
seperti apa yang hendak dicapai oleh para peserta didik dalam menjalankan
proses pendidikan tersebut, tujuan khusus dapat disesuaikan dengan kondisi,
minat, bakat, kesanggupan subjek didik dan tuntutan yang berlaku pada situasi
yang ada.[7]
Berdasarkan dua pemaparan para ahli
di atas, tujuan pendidikan Islam sejatinya adalah sebuah target yang harus
mampu mengakomodasi cita-cita peserta didik di kehidupan dunia, yang ditandai
dengan akhlak, pengetahuan dan kompetensi yang mumpuni yang mampu menghantarkan
mereka pada kebahagiaan duniawi dan mengakomodasi cita-cita peserta didik di
kehidupan ukhrawi yang ditandai dengan hidup penuh pengabdian kepada
Allah SWT, wafat dalam kondisi husnul khatimah dan menggapai ridlo Allah SWT,
yang pada ujungnya insyaAllah akan menghantarkan peserta didik pada kebahagiaan
ukhrawi yaitu surga.
Dengan demikian, ketiga hadits yang
telah dibahas di atas, sangat sejalan dengan cita-cita pendidikan Islam. Pertama,
tujuan tertinggi ditandai dengan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Kedua,
pengabdian diri kepada Allah secara menyeluruh. Ketiga, memiliki
kompetensi kepemimpinan dan tanggung jawab dalam setiap keahlian dan profesi
yang diemban. Secara singkat, ketiga tujuan itu dapat disimpulkan bahwa tujuan
pendidikan Islam adalah terbentuknya
insan kamil yang di dalamnya memiliki wawasan kaffah dan mampu menjalankan
tugas-tugas kekhalifahan dan pewaris para nabi.
b. Arti Tujuan
Pendidikan Islam secara Praktis
Pembahasan
mengenai tujuan pendidikan Islam tentu tidak akan berakhir hanya pada tataran
filosofis, perlu adanya penjabaran-penjabaran praktis sehingga bisa diterapkan
secara nyata, terukur dan memungkinkan untuk dicapai. Dalam hal ini, penjabaran
tujuan sebagaimana tercantum dalam hadits pertama “kebahagiaan di dunia dan
akhirat” dan hadits kedua “pengabdian kepada Allah dengan tidak
menyekutukan-Nya dengan suatu apapun” adalah masih bersifat filosofis.
Maka, hal ini dapat dijabarkan sebagai berikut.
1.
Meningkatkan
jiwa dan kesetiaan terhadap Allah semata, dengan memiliki jiwa disiplin dalam
melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah melalui metode pembiasaan, baik di
rumah maupun di sekolah. Mengembangkan wawasan spiritual serta mengembangkan
pemahaman rasional mengenai Islam dalam konteks kehidpan modern.
2.
Melaksanakan
moralitas islami (akhlak al kariiimah). Kekeluargaan, persaudaraan,
penuh keterbukaan yang menumbuhkan prestasi kerja, kreatif, kasih sayang,
bijaksana dan arif, kebersamaan, toleransi, keadilan, disiplin, sederhana, dan
lain-lain.
3.
Memiliki
aqal yang terpelihara. Yakni pengaruh intelegensi untuk menemukan kebenaran dan
sebab-sebabnya dengan telaah tandan-tanda kekuasaan Allah dan menemukan pesan
ayat-ayat-Nya yang berimplikasi pada peningkatan iman kepada Allah SWT. Dengan
membantu peserta didik berpikir logis dan membimbing proses pemikirannya dengan
berpijak pada hipotesis dan konsep-konsep pengetahuan yang dituntut.
4.
Memiliki
jasmani yang kuat. Manusia yang akan mengemban tugas kekhalifahan adalah harus
manusia yang kuat secara jasmani dan memiliki keterampilan fisik.
Selanjutnya,
hadits ketiga mengenai “setiap kita adalah pemimpin yang akan diminta
pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya” adalah pembentukan peserta
didik sehingga menjadi pribadi yang utuh yang menjadi bagian dari komunitas
social. Dalam bahasa yang lebih praktis Mohammad Athiyah Al Abrosyi sebagaimana
dikuti oleh Ahmad Syar’i menyatakan bahwa peserta didik yang berjiwa pemimpin
bisa berarti yang menguasai profesi tertentu, teknis tertentu atau lembaga tertentu
serta mendayagunakan rezeki dengan tetap memelihara kerohanian keagamaan dengan
penuh tanggung jawab dan kesungguhan.[8]
F. Memposisikan
Hadits dalam Teori Pendidikan
Hadits
merupakan sumber utama dalam pendidikan Islam setelah Al Quran, eksistensinya
merupakan sumber inspirasi yang berisikan keputusan dan penjelasan Nabi saw
dari pesan-pesan ilahiyah yang tidak terdapat dalam Al Quran dan memerlukan
penjelasan yang lebih terperinci. Pola pendidikan Rasul tidak terlepas dari
dasar, tujuan, metode, materi, evaluasi, kurikulum, pendidik, peserta didik,
lembaga pendidikan, dan seluruh yang berkaitan dengan pendidikan Islam baik
secara teoritis maupun praktis.[9]
Penjelasan mengenai tujuan pendidikan Islam dalam tiga hadits di makalah ini
merupakan pemaparan kongkrit atas formulasi hadits Rasulullah mengenai tujuan
pendidikan, guna lebih mudah untuk diaplikasikan.
Paparan hadits pertama, kedua dan
ketiga menunjukan, adanya kesinambungan antara makna teoritis hadits dengan
prinsip dan ruang lingkup tujuan pendidikan Islam. Al Zantany salah seorang
pakar pendidikan di Libya sebagaimana dikutip oleh Suryadi mengatakan bahwa,
tujuan pendidikan Islam harus melingkupi enam aspek, yakni:
1.
Tarbiyah
al jismiyah: Pendidikan
Jasmani
2.
Tarbiyah
al ‘aqliyah: Pendidikan
Akal
3.
Tarbiyah
al ruhiyah: Pendidikan
Ruhani
4.
Tarbiyah
al wijdaniyah: Pendidikan
Emosi
5.
Tarbiyah
al Ijtima’iyah: Pendidikan
Sosial
Berdasarkan ruang lingkup pendidikan Islam sebagaimana penjelasan
di atas, maka ketiga hadits yang dijelaskan di atas, jelas telah melampaui
keenam dimensi tersebut. Untuk lebih jelasnya, penulis akan mencoba membuat
table cakupan tujuan pendidikan Islam dengan keenam dimensi pendidikan
tersebut.
Tujuan
Sesuai Urutan Hadits
|
Ruang
Lingkup
|
Tujuan
Akhir
|
Hadits ke-2
Pengabdian kepada Allah
|
Tarbiyatur
ruhiyah
Tarbiyatul
‘aqliyah
Tarbiyah
khuluqiyah
|
Hadits ke-1
Kebahagiaan
dunia dan akhirat
|
Hadits Ke-3
Menyiapkan
kualitas seorang pemimpin
|
Tarbiyatul
jismiyah
Tarbiyah
wijdaniyah
Tarbiyah ijtima’iyah
|
BAB
III
PENUTUP
SIMPULAN
Berdasarkan
penjelasan makalah ini, maka setidaknya terdapat tiga tujuan pendidikan Islam
dalam kajian hadits tarbawi:
1.
Pendidikan
dalam Islam bertujuan untuk menyiapkan peserta didik tumbuh menjadi seorang pemimpin
yang bertanggung jawab, amanah, adil dan membawa maslahat terhadap yang
dipimpinnya.
2.
Pendidikan
dalam Islam bertujuan agar manusia menanamkan dan menjalankan nilai-nilai
ketauhidan kepada Allah saja, tanpa mempersekutukan-Nya.
3.
Pendidikan
dalam Islam bertujuan agar manusia bisa mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan di
dunia dan akhirat.
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Al
Maktabah Al Syamilah.
2.
Mujib,
Abdul. et al. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Prenada Media Grup.
3.
Mustain,
Zainul. (2018). Kontribusi Hadits Dalam Pendidikan Islam. Jurnal
Studi Islam. STAI Pancawahan Bangil Indonesia. Vol. 13. No. 1
4.
Rizal,
Samsul. Dkk. (2011). Hadits Tarbawi. Jakarta: Kalam Mulia
5.
Suryadi,
Rudi Ahmad. (2011). Hadits: Sumber Pemikiran Tujuan Pendidikan.
Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. UPI Bandung. Vol. 9. No. 2
6.
Syar’i,
Ahmad. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka
Firdaus
7.
Majalah
As Sunnah. Edisi 7. Tahun 2017 M
8.
Jamilur
Rahman As Salafi. Tafsir Hadits Tauhid. Yogyakarta.
9.
Wijaya,
Aat Sohim. (2013). Takhrij Hadits Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan
Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[1]
Maktabah al Syamilah
[2]
Ibid
[3] As
Sunnah. Edisi 7.
[4]
Jamilur Rahman As Salafi. Hadits Tauhid. Yogyakarta.
[5]
Aat Sohim Wijaya. Takhrij hadits kepemimpinan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
[6]
Abdul Mujib, et, al. (2006). Ilmu Pendidikan Islam, hal 71-72
[7] Ahmad Syar’i,
M.Pd. Filsafat Pendidikan Islam, hal 26-27
[8]
Ibid. Filsafat Pendidikan, hal. 28
[9]
Mustain Zainul. Kontribusi Hadits dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam.
Vol. 13 No. 1 Hal. 16
[10]
Rudi Ahmad Suryadi. 2011. Vol.9 No. 2. Hal. 174. Hadits sumber pemikiran dan
tujuan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar